Minggu, 05 Juli 2015

“TOKEK ITU INGATKAN AKU SHOLAT LIMA WAKTU” By Ki Slamet 42


Tokek di ataprumahku

“TOKEK ITU INGATKAN AKU SHOLAT LIMA WAKTU”
Karya : Ki Slamet 42

Ada seekor tokek di atap rumahku yang selalu saja berbunyi
Saat jelang waktu Isya, Subuh, Lohor, Maghrib, yang diawali
Dengan bunyi suara  seperti orang sedang tertawa,  dua kali
Lalu berbunyi,  tokek,  tokek,  tokek, tokek, tokek, lima kali
Seperti meingatkanku, untuk lakukan kewajiban yang hakiki

Tokek itu  memiliki tubuh  seperti tokek-tokek yang lainnya
Berwana putih krem dihiasi bentuk tutul cokelat gula Jawa
Sembunyi  di balik atap muncul merayap saat akan bersuara
Mengigatkan aku dan semua orang yang ada dalam keluarga
Agar tiadalah lupa sholat lima waktu Rukun Islam yang lima

Saat aku buka puasa minum seteguk kopi dan makan kurma
Aku lihat tokek itu kembungkan perut, mulutnya menganga
Tokek itu  berbunyi lagi,  keras  dan lantang sekali suaranya
Hingga terasa getarkan dada,  bulu romaku bergidik jadinya
Kedua matanya mendelik ke arahku, seperti bicara berkata:

Jika tuan tidak melakukan sholat, puasa tuan percuma saja
Tak akan dapat pahala karena sholat itu adalah yang utama
Kewajiban setiap manusia kepada  Sang Khaliknya  di dunia
Yang tak bisa ditinggalkan ke mana pergi dimanapun berada
Meski dalam keadaan apa pun, sehat, sakit, tua atau muda

Bumi Pngarakan, Bogor
Minggu, 05 Juli 2015 – 16:43 - WIB


"PUISI-PUISI SLAMET PRIYADI": “TOKEK ITU INGATKAN AKU SHOLAT LIMA WAKTU” Karya ...: Tokek di atap rumahku “TOKEK ITU INGATKAN AKU SHOLAT LIMA WAKTU” Karya : Ki Slamet 42 Ada seekor tokek di atap rumahku ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar